Wednesday, October 6, 2010

PENJELASAN TENTANG JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET


"PENJELASAN TENTANG JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET"

1. Jaringan komputer
Jaringan komputer (Computer Network) adalah kumpulan komputer dan alat alat yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu. Informasi yang melintas sepanjang mediakomunikasi, memungkinkan pengguna jaringan untuk saling bertukar data atau menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras secara berbagi. Jaringan dapat terdiri dari puluhan, ratusan atau bahkan ribuan.
Komputer dalam jaringan dapat saling berhubungan melalui kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit ataupun sinar infra merah. Ada tiga tipe jaringan dalam hubungannya dengan luas area yang dicakup yaitu:
• LAN (Local Area Network)
• Man (Metropolitan Area Network)
• Wan (Wide Area Network)

A. LAN
LAN adalah suatu jaringan yang terbatas pada daerah yang relatif kecil.
LAN biasanya terbatas pada daerah geografi tertentu, seperti laboratorium, sekolah, kantor, atau gedung.
Dalam konfigurasi LAN tertentu, satu komputer dirancang sebagai server. Server menjalankan semua perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan jaringan, serta menyimpan perangkat lunak yang dapat dipakai bersama oleh komputer – komputer yang dihubungkan pada jaringan. Suatu server marupakan hati dari jaringan.

• WLAN (WIRELESS LAN)
Jaringan WLAN adalah jaringan LAN yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi data. Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik dalam melakukan transfer data.
Jaringan WLAN memerlukan paralatan khusus yang dapat dipasang pada slot PCI atau USB. Masing – masing peralatan yang yang terhubung dalam jaringan WLAN dapat malakukan hubungan antar peralatan melalui WAR (wireless access point).
B. MAN
Suatu MAN meliputi area geografi yang lebih luas, seperti suatu kota. Dengan interkoneksi jaringan dalam area geografi yang luas, informasi dapat disebarkan secara mudah malalui jaringan. Dengan MAN suatu komputer dikantor cabanng dapat berhubungan dengan server yang ada pada kantor pusat melalui jaringan telepon, kabel koaksial atau komunikasi tanpa kabel.
C. WAN
Suatu WAN meliputi area geografi yang lebih luas lagi, yang meliputi suatu negara atau dunia. Umumnya jaringan ditempatkan pada banyak lokasi yang berbeda. WAN digunakan untuk menghubungkan banyak LAN yang secara geografis terpisah. WAN dibuat dengan cara menghubungkan LAN menggunakan layanan seperti dial-up, satelit.

2. INTERNET
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.
Gambaran sederhananya seperti ini: beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Bila sejumlah network (jaringan komputer) kemudian digabung dan dihubung-hubungkan lagi maka jadilah Internet.
Jadi pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.
Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer kita dengan komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial-up) dengan menggunakan peralatan modem. Lewat komputer server yang dimiliki oleh ISP itulah kita bisa terhubung dengan jaringan komputer sedunia (internet).
Istilah-istilah dalam Internet

Berikut adalah istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia internet.

WWW : World Wide Web atau singkatnya Web adalah suatu ruang informasi di mana sumbersumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Protocol : Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua komputer atau lebih saling berkomunikasi.

Homepage : Tampilan awal (halaman utama) suatu website yang memuat informasi singkat tentang apa isi dari website tersebut.

Situs : Suatu alamat di dalam sebuah web.

Browser : Software yang digunakan untuk surfing atau browsing Internet, seperti Internet Explorer, Mozilla, Opera dll.

ISP : Internet Service Provider, penyedia jasa layanan Internet, seperti Indosatnet, Wasantara, indonet dll

E-mail : Electronic Mail, suatu layanan/fasilitas yang disediakan untuk saling berkirim surat lewat internet

Search Engine : Mesin pencari, suatu layanan/fasilitas untuk melakukan pencarian di Internet sepert google atau yahoo.

Mailing List : Suatu forum/kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar informasi.

Chat : sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung di dalamnya untuk berkomunikasi atau bercakapcakap secara langsung (real-time) lewat tulisan yang diketikkan oleh masingmasing peserta chat. Contoh program chat yang terkenal yaitu IRC dan ICQ.

Download : Mengambil file (baik berupa file program, teks, gambar, audio, video, dan lain - lain) dari internet ke komputer pribadi (user).

Upload : Kebalikan dari Downlaod yaitu mengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment